Berbicara Secara Menarik dan Efektif Dalam Membawakan Radio dan Podcast

Berbicara Secara Menarik dan Efektif Dalam Membawakan Radio dan Podcast post thumbnail image

Teknik berbicara dalam Radio atau Podcast memerlukan poin-poin yang perlu diperhatikan demi mencapainya tujuan agar informasi yang disampaikan penyiar kepada khayalak dapat dipahami dengan baik.

Raafi Firmansyah (20) merupakan penyiar Radio Unpad yang membawakan materi Teknik Berbicara di Radio atau Podcast dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diadakan oleh PERSLIMA UPI pada hari Minggu (08/11).

Raafi menuturkan bagaimana berbicara secara efektif saat sedang membawakan materi di Radio atau Podcast.

“Walaupun sudah ada materi atau script yang disediakan, penyiar juga harus bisa menyampaikan informasi dengan penggunaan kata-kata yang efektif.” jelas Raafi saat memaparkan materi Teknik Berbicara.

Informasi yang diterima pendengar radio bersifat ­real time sehingga skill penyiar dalam memilah kata-kata yang efektif harus diperhatikan agar informasi mudah tersampaikan.

“Selain materi yang sudah matang, penyampaikan materi dengan smiling voice juga bisa menjadi daya tarik pendengar untuk terus mendengarkan penyiar tanpa ada rasa bosan.” ungkap Raafi.

Raafi juga mengajak seluruh peserta pelatihan untuk berlatih singkat bagaimana membawakan pembukaan saat siaran dan juga pembacaan script yang sudah disediakannya untuk dibacakan oleh peserta terpilih. “Nggak semua orang bisa masuk Radio, tapi sebuah kesempatan emas karena teman-teman sudah mengikuti pelatihan ini yang mungkin untuk ke depannya teman-teman bisa mengembangkan skill dalam bidang broadcasting ini.” pungkas Raafi pada sesi materi Teknik Berbicara.

Laporan oleh: Tasya Aprilia/SA

Tags: ,

Related Post