Blazture 2018, Menikmati Sajian Musik di Tengah Hujan

Memperingati Dies Natalis Program Studi Statistika Unpad ke-55, diselenggarakan beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah Blazture. Blazture 2018 yang diselenggarakan pada Sabtu, 10 November 2018 di Lapangan Parkir PPBS Unpad Jatinangor merupakan Blazture ke-10 terhitung sejak pertama kali digelar pada tahun 2008. Tentu ada kandungan makna di balik kata Blazture atau singkatan dari Blue and Jazz Meet The Culture ini. Blazture ini merupakan suatu acara dimana dua aliran musik dan beberapa budaya dipertemukan dalam satu waktu dan tempat yang sama serta diharapkan dapat menyalurkan energi dari kedua aliran musik dan budaya tersebut kepada para penontonnya.

Rendy Pandugo dalam Penampilannya di Blazture 2018

 

Konsep Blazture 2018 masih sama dengan tahun – tahun sebelumnya, yaitu pentas seni yang menampilkan beberapa musisi, band, dan grup musik lainnya mulai dari grup musik lokal karya mahasiswa Unpad hingga bintang tamu papan atas. Bintang tamu papan atas Blazture 2018 yang paling ditunggu sejak dimulainya open gate pada pukul 15.45 WIB yaitu Rendy Pandugo dan RAN. Para remaja khususnya remaja perempuan terlihat antusias untuk menyaksikan acara ini meskipun cuaca sedang tidak bersahabat.

 

Hujan yang mengguyur Jatinangor sejak sore hari tidak menyurutkan semangat para pengunjung untuk datang dan menyaksikan Blazture 2018. Keantusiasan para pengunjung dapat dilihat dari usaha mereka yang mengenakan ponco atau jas hujan selama acara berlangsung. Kendati demikian, semua penonton tetap asyik menikmati setiap lantunan lagu yang dibawakan oleh para bintang tamu.

 

Cuaca yang tidak mendukung ini merupakan kendala terbesar bagi panitia, seperti yang dikatakan Ghifari selaku Ketua Pelaksana Blazture 2018 “Kendala ini (hujan) memang cukup besar pengaruhnya, namun ini (hujan) di luar kendali kami”. Panitia juga pada awalnya sudah mengantisipasi akan terjadinya hujan yang cukup lebat ini. Pada awalnya, panitia akan menyediakan jas hujan atau semacamnya untuk para pengunjung, tetapi karena satu dan lain hal, rencana tersebut tidak terealisasi. Namun, sebagian besar dari para pengunjung telah siap sedia berinisiatif membawa ponco untuk melindungi diri mereka dari basahnya air hujan.

 

Selain panggung untuk para bintang tamu, Lapangan Parkir PPBS Unpad Jatinangor juga dihiasi dengan berbagai food tenant untuk menghilangkan lapar dan dahaga para pengunjung serta ada juga photobooth untuk mengabadikan moment para pengunjung yang hadir di acara Blazture ini.

 

Para panitia merasa lega karena acara ini tetap berjalan dengan lancar. Penjualan tiket pun berhasil menembus angka 2200 tiket yang habis terjual. Blazture 2018 memberikan kesan yang memuaskan baik bagi panitia maupun pengunjung.***

 

Laporan oleh: Meisha Nurlianti Hidayat/SA

Foto oleh: Nurgusti Ditta Zuraida

 

Related Post