Edukasi Kesehatan Mental di Seminar Sejiwa: Sehat Jiwa

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan kelas A Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) 2017 menyelenggarakan seminar kesehatan mental dengan tema “Sejiwa : Sehat Jiwa”. Acara yang merupakan tugas akhir mata kuliah Humas Perpustakaan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Mei 2019 lalu di Ruang Moestopo Fikom Unpad. Pada pukul 14.00 WIB, seminar ini dibuka oleh Drs. Agus Rusmana, M.A selaku Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Unpad dan didampingi oleh Dra Hj, Neneng Komariah, M. Lib selaku dosen pengampu mata kuliah Humas Perpustakaan.

 

 

Topik yang disampaikan pada seminar ini adalah kesehatan mental di kalangan remaja dan dewasa muda. Kepedulian panitia terhadap kesehatan mental mahasiswa di Indonesia, khususnya di Unpad menjadi hal yang melatar belakangi acara ini diselenggarakan. Seminar ini diisi oleh Fredrick Dermawan Purba, Ph.D. Dalam seminar ini, beliau menyampaikan hal-hal mengenai kesehatan mental seperti penyebab gangguan kesehatan mental, cara mengatasi gangguan kesehatan mental, dan waktu yang tepat untuk mencari bantuan professional (psikolog). Selain itu, psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Unpad ini, menyampaikan tentang cara mendengarkan yang baik dan perlunya meningkatkan empati di kalangan remaja pada lingkungan sekitar.

Tak hanya menghadirkan satu pembicara, Sejiwa turut mengundang Rhaka Ganistaria yaitu pendiri “Menjadi Manusia” pada kanal YouTube. Konten “Menjadi Manusia” berisi berbagi cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang, pengalaman yang sempat mengalami masalah kesehatan mental, dan upaya memberikan manfaat bagi banyak orang mengenai kesehatan mental melalui kanal YouTube Menjadi Manusia.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental pada diri sendiri.

“Kesehatan mental adalah hal penting yang patut dijaga setiap orang.” Ujar Rhaka Ganistaria saat menutup sesi paparan.

 

Laporan oleh: Nabila Khaerunnisa/SA

Related Post