Egrang, Permainan Kesundaan yang Menyenangkan

Dibawah teriknya sinar matahari, rangkaian acara OOtrad (Olimpiade Olahraga Tradisional) masih terus berlanjut. Acara ootrad ini dilaksanakan di Gor Jati Universitas Padjadjaran pada 9 Septermber 2017. Setelah ishoma, rangkaian acara selanjutnya ialah lomba egrang. Egrang adalah suatu permainan tradisional dari bambu khas Jawa Barat. Lomba egrang ini diikuti oleh 102 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, yang didominasi oleh masyarakat daerah Garut, Jatinangor, Cikalong Wetan, dan Kabupaten Bandung Barat. Tak lupa, perwakilan mahasiswa dari tiap fakultas juga ikut bermain dalam perlombaan. Meskipun sinar matahari sedang berada dipuncaknya, kegiatan lomba tetap berlangsung meriah. Adapun 5 kategori jarak yang dilombakan, yaitu 40 meter, 50 meter, 100 meter, 400 meter, dan 1500 meter, untuk kategori putra dan putri. Menurut Lita, salah satu panitia lomba egrang mengatakan, “perlombaan ini menjadi lebih cepat dikarenakan banyak peserta yang tidak jadi ikut.” Meskipun begitu perlombaan tetap berjalan dengan lancar. Panitia perlombaan egrang ini berasal dari pramuka, menwa, dan juga beberapa orang perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Pada lomba egrang jarak 1500 meter, peserta diwajibkan memutari Gor Jati Universitas Padjadjaran sebanyak 4 kali. Meskipun begitu perlombaan tetap berjalan sengit bahkan banyak peserta yang berlari dengan cepat menggunakan egrang tersebut. Sejauh perlombaan tidak ada satupun peserta yang cedera melainkan hanya merasa kelalahan karna faktor cuaca yang panas.

Ditengah perlombaan egrang, acara diselingi dengan penampilan bintang tamu yang ikut meramaikan acara ootrad ini. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM) ikut memeriahkan acara ini. PSM Unpad membawakan sebanyak 7 lagu-lagu daerah Indonesia, diantaranya Manuk dadali yang merupakan lagu khas Jawa Barat, Apuse, Ampar-ampar pisang, Bungong Jeumpa, Sigulempong dan lain sebagainya. Penampilan yang bagus dan unik dari PSM menambah semangat para peserta yang sedang berlomba. Kabupaten Bandung Barat pun tidak mau kalah ikut memeriahkan acara ini dengan menampilkan Tarian Kreasi Sunda yang sungguh enerjik.

“Acara kegiatan hanya berlangsung sampai pengumuman lomba egrang”, sahut Chandra seorang MC dari kegiatan perlombaan ini. Tepatnya pukul 16.00 WIB acara Ootrad ini resmi ditutup. Adapun pemenang dari perlombaan egrang untuk kategori putra dan putri didominasi oleh SMAN 28 Garut.

Related Post

Audisi #RUnnersAudisi #RUnners

      Selamat kepada para RUnners yang lolos tahap Administrasi Open Recruitment Radio Unpad Untuk tahap selanjutnya, Audisi akan diadakan pada tanggal 14-15 Mei 2016 (sesuai dengan jadwal dibawah)