Encore: Belajar Menarik Pelanggan dalam Merintis Bisnis Online

Jakarta – Kompas Corner telah menyelenggarakan acara web seminar Encore Ultimate Guide to Digital Marketing for Beginner pada Sabtu, 26 September 2020. Webinar ini merupakan kerjasama Harian Kompas dan Universitas Multimedia Nusantara. Kegiatan ini dilakasanakan melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube yang dihadiri oleh 256 parsisipan.

“Dengan terjadinya pergeseran kehidupan ekonomi dan industri, saya berharap materi pada seminar kali ini dapat dipelajari, dicoba dan dimanfaatkan.” Citra Andika, selaku Manajer of Internal Student Encore saat membuka acara.

Pada sesi pertama, disampaikan oleh seorang internet marketing manager dari salah satu e-commerce di Indonesia, Krisna Nugraha dengan tema “How to Reach Your Customer”. “Terdapat potensi yang besar dalam melakukan marketing khususnya melalui media sosial.” Ujar Krisna.
Hal ini dibuktikan oleh data dari we are social, hotsuite, 2020, bahwa sekitar 338,2 juta ponsel yang digunakan di Indonesia lebih tinggi dibandingkan populasi jumlah penduduk di Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, dimana 64% orang diantaranya sudah terkoneksi internet. Sehingga pada hal ini, penduduk Indonesia sudah lumayan fasih dalam mengoperasikan ponselnya dan menyambungkannya ke internet.

Krisna Nugraha (Kanan) dalam pemaparan “How to Reach Your Customer”


Krisna menjelaskan, dalam penggunaan internet, mayoritas penduduk menggunakan media sosial, dimana terdapat tiga media sosial yang memiliki potensi tinggi dalam meraih pengguna dengan melalui promosi iklan. Selain media sosial seperti facebook, twitter dan instagram sangat mendominasi di pasar media sosial. Sehingga para calon digital marketers memiliki peluang yang besar dalam meraih user melakukan pemasaran melalui media sosial terebut.

Selain memperhatikan media yang dipilih dalam melakukan sebuah pemasaran, branding menarik juga perlu diperhatikan. Karena seorang pelanggan dalam membeli sebuah barang atau jasa, hal yang pertama kali diingat adalah branding dari sebuh barang atau jasa tersebut. “Salah satu kunci sukses dari sebuah permasaran adalah jika kita telah berhasil membuat orang terdekat kita mengetahui produk dan jasa yang kita jual melalui sebuah iklan yang mereka lihat.” Ujar Krisna.

Lebih lanjut lagi, Krisna juga menjelaskan perjalanan seorang pelanggan yang biasa dikenal dengan kata ‘Marketing Funnel’. Hal ini dapat dijadikan langkah-langkah seorang digital marketers dalam melakukan pemasaran. Pertama, dengan memperkenalkan bisnis kepada pelanggan. Kedua, mencari saluran yang berpotensi besar. Ketiga, menarik pelanggan untuk mencoba barang atau jasa. Keempat,menganalisis jumlah pelanggan yang melakukan pembelian kembali. Kelima, meningkatkan keuntungan. Terakhir keenam, mengajak orang atau pelanggan untuk membantu promosi barang atau jasa.

Web seminar Encore, diakhiri dengan penyampaian materi oleh Septian Bramandita seorang Founder dan CEO of @bisnisbarengbram serta Niko Julius selaku Founder of Kelbion Indonesia and Certified Digital Marketer yang bertemakan “Content Marketing Strategy : Trends You Need to Know”.

Laporan oleh: Jihan Nabilah/SA

Related Post