Euphonious Chorale, Pengalaman Baru bagi Penikmat Paduan Suara

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali menggelar konser internal. Konser yang bertema Euphonious Chorale ini diselenggarakan pada 27 April 2019 lalu di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran. Konser internal ke-14 ini dipersembahkan oleh dua angkatan termuda PSM Unpad. Pada konser kali ini, PSM Unpad tidak hanya membawakan lagu klasik tetapi juga membawakan lagu populer seperti Love Never Felt So Good yang dipopulerkan oleh Michael Jackson dan Somebody To Love yang dipopulerkan oleh Queen. Selain itu, mereka pun membawakan lagu daerah seperti Rasa Sayang dan Malam Bainai dengan memakai beragam baju adat. Alunan lagu merdu yang dibawakan diiringi oleh beberapa alat perkusi diantaranya kecapi, kendang, jimbe, kentongan, marakas, serta tamborin.

Penonton mulai dipersilakan masuk pada pukul 18.30 dan mulai memenuhi ruangan hingga mengisi bagian tribun. Setelah dimulai pada pukul 19.00, penonton disuguhkan 4 sesi lagu di antaranya sesi Classical Song, International Song, Popular Song, dan Indonesian Folk Song. Selain disuguhkan oleh dua angkatan termuda PSM Unpad, ada penampilan khusus dari PSM Unpad angkatan 2015 yang menyanyikan beberapa lagu yang cukup unik yaitu lagu-lagu pembuka dalam ajang kompetisi menyanyi seperti Idola Cilik, Kontes Dangdut Indonesia (KDI), dan Akademi Fantasi Indosiar (AFI) di antara sesi Popular Song dan Indonesian Folk Song.

Hal menarik lain dalam konser Euphonious Chorale adalah koreografi ciamik yang melengkapi penampilan. Selain itu, ada sedikit sentuhan teater pada saat tim paduan suara yang memiliki segudang prestasi ini menyanyikan lagu Nyai Undang. Tentunya hal tersebut dapat menjadi sebuah pengalaman baru bagi penikmat penampilan paduan suara. Raihan Tsany, asisten pelatih sesi Popular Song, mengatakan bahwa konser ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman dengan adik tingkat. “Seru dan lumayan menantang karena kita harus mengajarkan adik-adik yang baru masuk ke dunia paduan suara dan menyiapkan mereka dari segi teknis untuk dapat siap jadi penampil dalam sebuah konser”, tuturnya. Kemeriahan konser ini ditutup dengan menyanyikan lagu Hymne Universitas Padjadjaran pada pukul 22.00 WIB.

 

Laporan oleh: Nabila Khaerunnisa/SA

Related Post