“Kesehatan Jiwa pada Masa AKB dan Mindfullness”

Prof. Suryani, S.Kp., MH.Sc., Ph.D memaparkan materi presentasi

Mahasiswa Keperawatan Unpad angkatan 2018 mengadakan Workshop mengenai “Kesehatan Jiwa pada Masa AKB dan Mindfullness”. Acara ini dilaksanakan via zoom meeting dan live streaming youtube. Peserta yang hadir dalam workshop sekira 800 orang. “Saya apresiasi kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan acara.” Ujar Manajer Pembelajaran Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keperawatan Unpad, Atlastieka Praptiwi, S.Kep., Ners., M.Nurs.

“Melihat antusias yang begitu besar, Saya harap, semua peserta setelah selesai workshop kali ini bisa lebih siap menghadapi AKB.” Ujar Sahrul selaku Project Officer saat memberikan sambutan.

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB dikemas dengan menarik, didalamnya diselipkan beberapa performance, seperti diawal acara saja, peserta sudah disuguhkan penampilan yang ciamik dari El Band yang membawakan lagu Hymne Unpad dan juga Manuk Dadali (Lagu Khas Jawa Barat). Kemudian diantara pemaparan dari narasumber pertama dan kedua juga peserta disuguhkan penampilan teater dari teater center yang memberikan gambaran terhadap situasi saat ini.

“Terdapat beberapa hal yang dapat membuat seseorang jadi mudah stress, pertama; semua kegiatan yang serba online, dari mulai kuiah, rapat, ngajar. Selain stress, terlalu lama dilayar laptop atau handphone juga dapat merusak mata.” Ujar Prof. Suryani, S.Kp., MH.Sc., Ph.D.  

Lebih lanjut lagi Prof. Suryani mengatakan, “Kita Stay At Home kurang lebih sudah tujuh bulan banyak menghabiskan aktifitas di rumah saja, ingin mengadakan pertemuan, tidak jadi karena pasien COVID 19 semakin meningkat.”

“Isu vaksin yang sampai saat ini masih simpang siur belum jelas kepastiannya. Masyarakat harus berhati-hati terhadap info yang beredar, jangan mudah terpengaruh ini bisa mengundang hoax dan akan berakibat fatal.” Ujar Prof. Suryani saat menjelaskan poin ketiga.

Lanjut berbicara mengenai Mindfullness, Dinda Setiadewi, M.Psi., Psikolog mengatakan “Mindfullness bukan hanya sekedar berpikir sadar saja, tapi lebih dari itu. Mindfullness itu kesadaran kita dalam menjalani hidup untuk menghadapai situasi saat ini.”

“Kita fokus untuk bisa merespon apa yang kita butuhkan saat ini, bukan untuk keadaan hidup masa lampau atau masa yang akan datang” Ujar Dinda Setiadewi, M.Psi.

“Kesan dari saya terhadap HOPE Event ini benar-benar seru, meriah dan sangat menghibur. Jujur saya baru kali ini mengikuti workshop yang sangat menarik, baru kali ini juga saya nonstop menyimak pemaparan materi oleh narasumber selama 2 jam. Harapannya semoga ilmu yang saya dapatkan dari workshop ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi orang lain juga. Semoga kedepannya bisa diadakan event-event seperti ini.” Ujar Aliza sebagai salah satu peserta Hope Project.

Laporan oleh: Juan Veron Suherlan/SA

Related Post

Digitalisasi RadioDigitalisasi Radio

  Radio memiliki peran penting di Indonesia. Pada masa kemerdekaan, radio menjadi media massa yang menyampaikan berita proklamasi ke seluruh penjuru tanah air. Peristiwa penyiaran proklamasi juga menjadi penanda awal