KONSEP BARU STUDENT FESTIVAL SUKSES MENYEDOT ANIMO PRAMUDA 2018

 

Sesuai dengan hashtag Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 yakni #BiruMembara, semangat mahasiswa baru Unpad 2018 pun tidak kalah membara. Di hari kedua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2018, Student Festival diikuti oleh semua Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta organisasi resmi di Lingkungan Unpad. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan semua organisasi dan lembaga yang ada di Unpad. Selain itu, Pramuda juga dapat mendaftarkan diri dan menggali informasi lebih melalui stand yang telah tersedia.

 

Menariknya, kegiatan Student Festival digelar di empat venue berbeda dengan kategori masing-masing stand berbeda, yaitu olahraga, akademik, beladiri, dan kesenian, tersebar di lapangan parkir Bale Santika, Plaza Rektorat, Lapangan Fakultas Farmasi dan Lapangan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pawai dan open booth/stand dalam Student Festival diadakan selama satu hari pada tanggal 28 Agustus 2018. Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan PMB ini sukses menyedot animo dan membangkitkan antusiasme para Pramuda. Konsep kegiatan Student Festival yang tidak terpusat ini adalah hal yang menjadi inovasi baru di PMB 2018.

 

“Prabu hari kedua spektakuler banget. Seru banget dan ga ngebosenin. Bisa keliling liat UKM, terus bias nanya-nanya dan daftar UKM.” Ujar Aisyah, bersama Zain, dan Safa yang tengah berkeliling lapangan Bale Santika.

 

Banyaknya wahana dan cuaca yang cukup panas tidak menurunkan semangat dari para Pramuda 2018. Terbukti banyaknya Pramuda yang aktif menyambangi dan bertanya di beberapa stand. Keseruan Student Festival  juga dilengkapi dengan food truck yang berada di depan PPBS serta photo booth yang dapat digunakan Pramuda untuk berfoto.

 

Fenny Rizka, pramuda yang berasal dari FISIP, yang menuturkan bahwa kegiatan di hari kedua ini lebih seru dibandingkan hari pertama, karena para pramuda dibebaskan untuk melihat dan mengunjungi wahana/stand sesuai minat yang telah dikategorikan panitia PMB. Sehingga terasa seperti wahana permainan, Lalu, ada pawai yang diramaikan oleh seluruh unit kegiatan mahasiswa dan BEM di lingkungan Universitas Padjadjaran. Mobilisasi di hari kedua ia rasakan lebih fleksibel, dan pramuda dapat lebih aktif berpartisipasi dan berinteraksi dengan seluruh mahasiswa dalam acara.

 

Panitia yang bertugas di venue Lapangan Bale Santika, Arsanti Putri dari divisi MSDM menyatakan, meskipun ada tantangan dalam melakukan mobilisasi pramuda antar venue, namun semua dapat berjalan lancar. Ia juga mendukung inovasi baru yang dilakukan panitia PMB dalam kegiatan Student Festival ini dan berharap ada lagi gebrakan baru di pelaksanaan PMB tahun depan.

 

Hingga pelaksanaan Student Festival berakhir, dan kegiatan hari kedua PMB 2018 ditutup, semangat para pramuda masih terjaga. Ini dibuktikan dengan antusiasme pramuda untuk berfoto dengan para perwakilan UKM di masing-masing stand. Dan kegiatan diakhiri dengan mobilisasi kepulangan pramuda yang berjalan lancar dan tertib. Semoga dengan berakhirnya kegiatan Student Festival ini dapat memantapkan pilihan hati para pramuda untuk berkontribusi kepada Universitas Padjadjaran melalui keaktifannya di unit kegiatan mahasiswa.

 

Rilis/SA

Related Post