Lises Unpad Mempertahankan Seni Melalui Kompetisi Tari Kreasi

JATINANGOR, RADIO.UNPAD.AC.ID—Lingkung Seni Sunda Universitas Padjadjaran (Lises Unpad) baru saja menggelar kegiatan pasanggiri tari kreasi se-Jawa Barat yang dilaksanakan di lapangan basket Bale Santika Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang,  Jawa Barat pada Sabtu, 16 September 2017 lalu.

Sebanyak 25 tim yang berasal dari sekolah-sekolah di Jawa Barat berhasil memberikan penampilan terbaiknya didepan dewan juri dan 300 penonton yang hadir. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Dewan Pengurus dan Dewan Pertimbangan Pengurus Lises Unpad tahun 2017.

“Tujuannya untuk berkontribusi dalam pelestarian budaya Indonesia khususnya tarian Jawa Barat. Kedua mendukung program pemerintah dalam melestarikan budaya Jawa Barat. Ketiga merevitalisasi kecintaan generasi pemuda terhadap tarian Jawa Barat, dan terakhir meningkatkan seni tari dimata masyarakat,” ungkap Ketua Lises Unpad, Gilang Ramadhan dikutip dari ayobandung.com.

Menurutnya sejak tahun 1980 lises unpad telah mengadakan pasanggiri degung, calung, pencak silat, dan sudah 6 tahun terakhir menggelar pasanggiri dalam bentuk budaya, dan perhelatan pasanggiri tari kreasi ini merupakan sebuah inovasi yang diharapkan akan menuai respon baik dari masyarakat di Jawa Barat. 

Sekolah yang berhasil menjadi juara dalam kegiatan ini adalah SMAN 1 Jampangkulon B (Juara I), SMAN 1 Jampangkulon A (Juara II) dan SMA Dramaga Bogor (Juara III).

Selain itu ada juga pemenang dalam beberapa kategori, di antaranya pemenang kategori Konsep Garapan Terbaik diraih SMAN 1 Jampangkulon B, Konsep Musik Terbaik direbut SMAN 1 Jampangkulon A, Group Penari Terbaik SMAN 1 Cikampek, Penulis Deskripsi Terbaik SMAN 1 Sumber, Kostum dan Make Up Terbaik SMAN 1 Cikampek.

Para juara akan mendapatkan piala gubernur Jawa Barat (juara 1), piala Disparbud Jawa Barat (juara 2), dan piala Bupati Sumedang (juara 3). Selain itu para pemenang pun mendapatkan hadiah uang jutaan rupiah.

Related Post