Magang Saat Kuliah, Seberapa Pentingkah?

Magang Saat Kuliah, Seberapa Pentingkah? post thumbnail image

Banyak perusahaan melihat pengalaman magang sebagai salah satu syarat dalam rekrutmen pegawai. Dengan magang, pelamar dapat memberikan informasi terkait kinerjanya dalam menjalankan project dan kemampuan bekerja di lapangan yang sesuai dengan bidang perusahaan.

Magang sangat penting untuk memulai karier, dengan magang anda mendapatkan pengalaman kerja, karena anda harus bekerja untuk mendapat pengalaman, dan pengalaman dibutuhkan dalam setiap pekerjaan. Dengan memiliki pengalaman, seseorang akan lebih siap menghadapi realita dunia kerja yang seringkali berbeda dengan teori yang diajarkan dalam akademi.

Program magang bisa dijalankan sewaktu liburan ataupun waktu yang ditentukan. Tujuan dari program magang adalah menyeimbangkan pembelajaran teori dengan praktek. Perusahaan-perusahaan menginginkan karyawan yang menguasai keahlian yang relevan dengan perkembangan jaman dan bukan hanya dari teori belaka. Keahlian-keahlian tersebut cenderung lebih mudah dikuasai dan dipahami melalui terjun langsung ke dunia kerja.

Mengapa magang itu penting?

Untuk kelancaran operasional suatu perusahaan, mereka membutuhkan karyawan-karyawan yang bisa saling bekerjasama, memiliki keahlian komunikasi yang baik, bisa berbaur dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan perusahaan serta memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Hal-hal tersebut tidak bisa dipelajari di ruang kuliah. Sewaktu kuliah memang akan diajarkan teori-teori mengenai keahlian-keahlian tersebut, akan tetapi untuk membina keahlian-keahlian tersebut, cara terbaik adalah dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Simak ya, Sivitas. Ini alasan pentingnya program magang bagi mahasiswa!

1. Merasakan Real Working Environment 

Dunia kerja sangat berbeda dengan dunia kuliah. Saat kuliah mungkin Sivitas masih bisa mengandalkan orang lain, misalnya untuk hal absen. Selain itu, Sivitas juga harus belajar manajemen waktu! Ada waktu datang dan pulang yang harus dipenuhi. Tak hanya itu, saat magang nanti juga akan belajar bagaimana berhadapan dengan senior atau atasan. Sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya, di sinilah Sivitas berlatih. Selain adaptasi dengan banyak orang yang kepribadiannya berbeda-beda saat magang, Sivitas juga akan beradaptasi dengan jenis pekerjaan yang akan dihadapi nanti saat bekerja. Merasakan real work environment saat magang, akan sangat membantu untuk mempersiapkan Sivitas ketika nanti sudah benar-benar terjun di dunia kerja.

2. Menambah Relasi atau Networking 

Disadari atau tidak, koneksi dan relasi sangat berpengaruh dalam berhasil tidaknya Sivitas mendapatkan pekerjaan. Koneksi yang dimaksud adalah jaringan relasi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Dengan mengikuti program magang, Sivitas bisa berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Dengan begitu, Sivitas bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti, loh!

3. Mengenal Jenjang Kariermu Secara Lebih Baik

Sivitas, tentu selepas kuliah nanti kamu sudah punya impian mau bekerja jadi apa dan di mana. Nah, dengan kegiatan magang ini, Sivitas jadi bisa lebih kenal jenjang karier seperti apa yang mau Sivitas jalani nantinya. Dengan merasakan lingkungan kerja yang sesungguhnya, Sivitas jadi mengenal lebih baik jenjang karier impian. Bahkan memperluas kemungkinan-kemungkinan potensi yang Sivitas miliki.

4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Ketika kuliah disuguhi dengan berbagai macam buku dan teori oleh dosen-dosen. Nah saat magang inilah menjadi kesempatanmu untuk mempraktikkan teori tersebut, Sivitas!. Sebab, belajar tidak cuma teori tapi juga butuh praktik. Dan dengan mengikuti magang merupakan salah satu cara mencapai hal itu. Ketika Sivitas magang dan terbiasa menghadapi masalah yang real, maka kemampuan problem solving-Sivitas akan meningkat. Wawasan Sivitas pun kian luas dan terbuka.

5. Kesempatan untuk Direkrut Langsung Setelah Lulus!

Dalam beberapa kasus, ada perusahaan yang memanfaatkan program magang sebagai ajang berburu karyawan baru. Mengikuti program ini jelas membuat peluang seorang mahasiswa untuk direkrut di perusahaan tempat magang semakin besar. Jadi, pastikan ketika mengikuti program, tunjukkan kinerja terbaik agar perekrut tertarik untuk menjadikanmu karyawan.

6. Memperkaya CV

Saat melamar pekerjaan, hal pertama yang dilihat oleh perekrut adalah surat lamaran dan CV (curriculum vitae). Jika Sivitas pernah mengikuti program internship, jangan ragu untuk mencantumkan pengalaman tersebut pada CV-Sivitas. Pengalaman magang akan membuat CV lebih menarik sehingga kesempatan untuk diterima pun semakin besar.

Jadi, tunggu apa lagi?

Buat para mahasiswa khususnya yang udah di tingkat akhir, yuk mulai rajin-rajin browsing lowongan Internship untuk menemukan peluang magang yang sesuai dengan jurusan dan cita-citamu. Terlebih sekarang dipermudah dengan adanya program Magang Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mempermudah Sivitas menggapai pengalaman magang. 

Ayo mulai percantik CV-mu, dan coba kirimkan ke perusahaan impian yang sedang membuka lowongan untuk magang. Di dunia kerja nanti, bekal ijazah dan nilai ujian yang tinggi belum tentu cukup. Pengalaman Sivitas selama magang akan mempersiapkan mental dan skill untuk menjadi seorang profesional. Jadi, mulai bangun karir Sivitas sedini mungkin, agar Sivitas dapat terus berkembang di bidang industri impian!

Tags: ,

Related Post

Digitalisasi RadioDigitalisasi Radio

  Radio memiliki peran penting di Indonesia. Pada masa kemerdekaan, radio menjadi media massa yang menyampaikan berita proklamasi ke seluruh penjuru tanah air. Peristiwa penyiaran proklamasi juga menjadi penanda awal