Mengenal FISIP Unpad secara Utuh dalam “Empowering Collaboration”

Mengenal FISIP Unpad secara Utuh dalam “Empowering Collaboration” post thumbnail image

Orasi FISIP Unpad 2021 merupakan acara penerimaan mahasiswa baru FISIP Unpad Angkatan 2021. Acaranya dilaksanakan secara virtual pada platform Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube BEM FISIP Unpad. Keseluruhan rangkaian acara dilaksanakan pada tanggal 26-28 Agustus 2021. Pada tahun ini, Orasi FISIP Unpad 2021 mengusung tema “Empowering Collaboration“ dengan arti pemberdayaan potensi mahasiswa baru yang dapat dilakukan melalui penanaman nilai ideal sesuai dengan blueprint dan konsep global Departemen KPSDM BEM FISIP Unpad 2021. Makna tema ini juga diharapkan dapat memperlihatkan keberagaman yang terdapat di FISIP Unpad.

Kegiatan ini terdiri dari Talkshow, pengenalan lokasi gedung perkuliahan, pengenalan prodi-prodi, pemutaran Kompilasi TikTok para Arkamuda, perkenalan BEM, BPM, dan UKMF yang ada di FISIP Unpad, pengumuman juara T-RASI, dan lainnya.

Talkshow 21 Century Skill: Life Skills

Talkshow “21st Century Skills” merupakan salah satu tema yang dibahas dalam rangkaian kegiatan. “Sesuai kutipan dari Mas Panji, kedewasaan datang dari kemauan untuk mengambil keputusan yang sulit. Jadi, harus berani mencoba dan good luck Arkamuda!” ujar Intan Hartianti dari Academic Team Leader TBI Bandung yang menyampaikan mengenai Learning Skills.

Ifandi Khainur Rahim selaku Founder Satu Persen – Indonesian Life School mengatakan mengenai Life Skills: “Anggap aja seperti mobil, ada yang jelek dan ada juga yang udah bagus. Tapi dibanding melihat perjalanan orang lain, lebih baik lihat perjalanan diri sendiri. Tahu arah mau kemana dan menikmati perjalanannya.”

Kemudian, satu bahasan dari Hafid Ahmad Royan dari Brand Strategist Narasi TV mengenai Literacy Skills. “Jangan terpaku pada apa yang menjadi kewajiban, harus coba juga untuk mencari tahu understanding what matters-nya teman-teman.”

Tema Talkshow lainnya yang tidak kalah menarik adalah KeFISIPan, berkenaan dengan lingkungan kampus FISIP yang berjudul “FISIP and Collaboration : The Pespective of Our Identity.

“Di tengah pandemi harus tetap semangat dan optimis dengan mencari peluang. Berusaha jadi pribadi yang kreatif dan yang terpenting harus happy untuk mengikuti perkuliahan kedepannya.” Ujar dekan FISIP Unpad, Dr. R. Widya Setibudi, ST, S.IP., MT, M.Si (Han).

“Jangan takut untuk bermimpi dan bermimpilah menjadi yang terhebat. Karena kalau bermimpi saja takut, bagaimana bisa untuk berkarya?” ujar Dr. H Dede Yusuf Macan Effendi, ST., M.I.Pol (Ketua Komisi IX DPR RI Periode 2014-2019).

Pesan-pesan tersebut sangat bersinggungan dengan FISIP sendiri yang berdiri sebagai intelektualitas dan soft skill untuk menghindari peradaban dikuasai oleh teknologi. Juga dengan studi kultur yang berkolaborasi dengan budaya manusia, diharapkan dapat mengukir kebermanfaatan bagi manusia.

Selain itu, hadir juga sebagai narasumber, yaitu Tika Tazkya (Mahasiswa Berprestasi 1 FISIP Unpad 2021), dan Virdian Aurellio H. (Ketua BEM FISIP Unpad 2021).

Sesi Talkshow KeFISIPan

Orasi FISIP Unpad 2021 memiliki kesan yang dalam bagi para Arkamuda. “Keren banget sih kak, niat banget panitianya sampai ngundang artis/tokoh penting di DPR. Selain itu juga acaranya informatif banget, kita sebagai maba jadi tau mulai dari dimana lokasi gedung FISIP itu sendiri, BEM, BPM, terus Hima dari masing-masing prodi. Acara Orasi 2021 kemarin ngasih pelajaran nih ke kita adaptasi dari siswa menjadi mahasiswa tentunya ga lepas dari sopan santun, kode etik yang dipelajari, budaya yang terjadi di lingkungan FISIP Unpad itu sendiri, lalu cara menghormati satu sama lain.” Ujar Ikhsan dari Prodi Hubungan Internasional 2021.

Liputan oleh: Fauziah Adinda Putri dan Nisa Nafila/SA

Related Post