Pada masa pandemi Covid-19, sistem kekebalan tubuh harus dijaga agar tubuh terhindar dari infeksi virus corona. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan melalui asupan nutrisi yang cukup.

Menurut kontan.co.id, WHO menyarankan bahwa makanan yang dikonsumsi harus makanan segar dan tidak diproses. Memasaknya pun harus dengan suhu yang telah ditentukan dan waktu yang tidak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga. Asupan garam dan gula harus dibatasi dan memakan makanan yang tinggi lemak jenuh juga harus dihindari loh Sivitas.

Dilansir dari kompas.com, berikut ini adalah rekomendasi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ilustrasi Makanan Sehat
  1. Makanan yang kaya akan vitamin C

Vitamin C terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui sel darah putih yang telah diproduksi. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan dan membantu memperkuat pertahanan kulit dari bakteri, jamur, dan mikroba lainnya yang menjadi penyebab penyakit. Beberapa makanan yang kaya akan Vitamin C adalah buah jeruk, kiwi, stroberi, dll. Selain itu, Vitamin C juga berpengaruh terhadap berat badan. Penelitian di Arizona State University mengungkap bahwa kekurangan vitamin C pada aliran darah bisa memengaruhi kemampuan tubuh membakar lemak. Orang yang kebutuhan vitamin C-nya terpenuhi bisa membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C.

  • Makanan yang kaya akan vitamin E

Berbeda dengan vitamin C yang larut dalam air, vitamin E termasuk vitamin yang larut dalam lemak, dampaknya jika kekurangan vitamin ini adalah kematian saraf tepi yang ditandai dengan gangguan koordinasi dan kebas. Vitamin E terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel tubuh dan memicu penyakit kronis. Oleh karena itu, sayur-sayuran seperti bayam dan sawi adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penuaan sel. Beberapa jenis makanan lainnya yang kaya akan vitamin E adalah biji bunga matahari, kacang almond, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

  • Makanan yang kaya akan zinc

Zinc atau seng berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Agar imun tubuh terbentuk dengan baik maka tubuh harus memiliki jumlah zinc yang cukup. Makanan yang kaya akan zinc adalah buncis, tiram, kacang mete, dan kismis.

  • Makanan yang kaya akan karotenoid

Karotenoid adalah zat pewarna alami pada sejumlah tumbuhan yang apabila dikonsumsi berubah menjadi vitamin A sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Karotenoid juga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit. Makanan yang kaya akan karotenoid adalah wortel, pepaya, mangga, bayam, dan sawi.

  • Makanan yang kaya akan Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 berfungsi untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, Asam lemak omega-3 juga dapat mencegah penurunan fungsi otak pada lansia dan membantu mengurangi gejala asma serta meningkatkan daya ingat pada bayi. Sayangnya, tubuh tidak memproduksi asam lemak ini, sehingga kita harus mendapatkan nutrisi ini dari makanan. Beberapa makanan yang kaya akan Asam lemak omega-3 adalah kacang kenari, chia seed, ikan tuna, dan sarden.

Selain dari makanan, untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kita juga harus memperhatikan aspek yang lain ya Sivitas, seperti: istirahat yang cukup, menghindari stres, dan rutin berolahraga. Dalam keadaan yang seperti ini kita tidak boleh lengah, karena jika kita terinfeksi kemungkinan besar orang terdekat kita juga terinfeksi, wah jangan sampai terjadi ya Sivitas! Karena itu, mari kita bersama-sama mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Penulis: Hanny Maharani & Adam Ardyansyah/SA