Menjalin Kepedulian Melalui Aksi Donor Darah

Radio Unpad yang berada di Kantor Komunikasi Publik Unpad, merayakan ulang tahun yang ke-7 pada Jumat, 15 Maret 2019. Perayaan HUT Radio Unpad kali ini dilengkapi dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Lobby Stadion Jati Universitas Padjadjaran. Antrean registrasi sudah mulai terlihat pada pukul 09.00. Baik Sivitas maupun tenaga kependidikan turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini.

Selain mendonorkan darah, peserta dapat mengikuti doorprize yang berhadiah tumblr Unpad, uang elektronik, dan merchandise menarik lain dari Unpad hanya dengan cara mengunduh aplikasi Radio Unpad di Playstore. Antusiasme masyarakat Unpad masih terasa meskipun kegiatan donor darah terpotong istirahat salat Jumat. Sayangnya, pada pukul 14.00 WIB masih banyak calon pendonor berdatangan namun tidak berkesempatan mendonorkan darahnya karena kantung darah (Labu) yang disediakan oleh PMI Sumedang terpenuhi.

Total calon pendonor berjumlah 205 orang dan jumlah labu yang didapat sesuai dengan kriteria pendonor sebanyak 125 labu, yang terdiri dari 56 pendonor laki-laki dan 69 pendonor perempuan. Adapun daftar golongan darah yang berhasil diambil yaitu 40 labu golongan darah A, 24 labu golongan darah B, 53 labu golongan darah O, dan 8 labu golongan darah AB.

Pada kegiatan donor darah kali ini, Radio Unpad bekerja sama dengan PMI Sumedang dan KSR PMI Unit Unpad.

“Kebutuhan kantong darah untuk daerah Sumedang berjumlah 1000 – 1200 labu per bulan, dan Jatinangor merupakan salah satu daerah pemasok donor darah terbesar di daerah Sumedang.” Ujar Ipan Permana, Staf Humas PMI Sumedang.

Lupita Churry, selaku ketua pelaksana HUT Radio Unpad merasa senang karena kegiatan donor darah berjalan lancar dan disambut baik oleh masyarakat Unpad. Semoga dengan acara ini, Radio Unpad dapat bermanfaat untuk sesama. Sivitas yang tidak berkesempatan mendonorkan darahnya pada acara HUT Radio Unpad dapat mengunjungi Blue Stage Fakultas Ilmu Budaya pada Selasa, 19 Maret 2019.

 

Laporan oleh: Nabila Khaerunnisa/SA

Foto: Fajar Adiyansyah & M. Dzulfikri Firdaus

Related Post