Merdunya konser “A Night of Nightingales” PSM Unpad

Sebuah orChnoNW4UgAEaJoAganisasi atau unit kegiatan mahasiswa tentunya memiliki ciri khas atau pun keunggulan di bidang tertentu. Keunggulan tersebut berkaitan dengan bidang yang diambil oleh organisasi atau kegiatan mahasiswa.
Bidang yang ditekuni dapat berupa seni, olahraga, keilmuan, pengabdian kepada masyarakat, kewirausahaan, ataupun hal unik lainnya yang menjadi ciri khas suatu kegiatan mahasiswa. Setiap organisasi tersebut tentunya harus ada kegiatan yang dapat mengasah dan meningkatkan kemampuannya, baik untuk anggota tetap, maupun anggota muda yang baru bergabung. Salah satu unit kegiatan mahasiswa yaitu Paduan Suara Unpad (PSM Unpad) misalnya. PSM Unpad mengadakan konser Intern untuk mengasah kemampuan menyanyi anggotanya.

            Konser  bertajuk “A Night of Nightingales” ini dilaksanakan di Graha Sanusi Kampus Unpad Dipati Ukur pada hari Rabu, 4 Mei 2016. Konser intern ini menampilkan penyanyi dari dua angkatan termuda yaitu angkatan 2015 dan 2014. Konser ini bertujuan untuk mengasah kemampuan menyanyi dari angkatan termuda yang didampingi oleh  satu angkatan diatasnya. Menurut Najma Nabila Savitri selaku Ketua PSM Unpad tahun ini, konser ini merupakan konser intern yang rutin dilaksanakan, dan kali ini merupakan konser intern ke-11. Anggota PSM Unpad ini telah berlatih dari mulai bulan Januari untuk penampilannya di konser Intern ini.

Konser yang diketuai oleh Ahmad Aldi Purnama ini juga bertujuan untuk menambah eksistensi PSM Unpad di hadapan para pecinta seni, maupun masyarakat pada umumnya. Berdasarkan tagline PSM Unpad “What We’re about to Sing is very Songful”, Kang Ahmad ini mengambil tema konser intern kali ini yaitu “Menyanyi dari Hati”. Hal ini bertujuan agar para penyanyi dapat menampilkan secara maksimal dari hati masing – masing sehingga menampilkan sajian yang sangat luar biasa. Burung nightingales yang menjadi ikon konser ini juga menambah kesan bahwa nantinya anggota PSM Unpad ini dapat menyanyi dengan merdunya kapanpun dan dimanapun berada.

Menurut Arvin Zainullah, selaku pelatih PSM Unpad pada konser intern kali ini, dengan terselenggaranya konser ini, semoga dapat memunculkan bibit – bibit penyanyi dan juga pendidik vokal berkualitas yang selalu memberi warna kegiatan PSM Unpad. Selain itu, para anggota PSM juga diharapkan dapat menjadi organisator handal atau pemimpin pemimpin organisasi sehingga dapat meningkatkan soft skill mereka dan dapat bermanfaat baik di intern PSM Unpad, dunia kemahasiswaan, ataupun di dunia kerja nantinya. Hal ini terbukti dengan kerja keras dan kerja sama antar anggota dalam persiapan konser ini. Hingga akhirnya dapat menyukseskan kegiatan konser intern ini dengan penuh tanggung jawab, kerja keras, kerja sama juga nilai positif lainnya.

Para penyanyi PSM Unpad membawakan beberapa lagu yang dibagi dalam beberapa sesi. Adapun sesi ini terdiri dari Classic Folksong, International Folksong, Indonesian Folksong dan Popular Session. Pada sesi tersebut, para penyanyi ini menampilkan beberapa lagu mulai dari lagu internasional, lagu nasional dan juga lagu lagu yang terkenal di era klasik dan juga masa kini. Salah satu lagu sesi populer  menampilkan beberapa lagu yang dibawakan secara medley. Lagu ini disusun oleh Zsaskia Shabrina, Viddy, dan Nugie yang juga mengadaptasi grup acapella terkenal Pentatonix.

Para Konduktor konser ini juga merupakan anggota PSM Unpad yang kini sudah mumpuni di bidang tarik suara dan juga pendidik vokal. Salah satunya yaitu Zsaskia Shabrina, Sarjana Psikologi Unpad ini kini sudah menjadi pengajar Paduan Suara di STT Tekstil dan pengajar piano klasik. konduktor lainnya juga sudah sangat berpengalaman dan pernah mengikuti berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional bersama PSM Unpad. Di Classic Folksong Session, dikonduktori oleh R. Andhika Abdul Razzaaq, di International Folksong oleh Gita Gempita, Indonesian Folksong oleh Rinela Agrippina, serta di Popular session oleh Zsaskia Shabrina.

Selain para penyanyi PSM Unpad, konser ini juga didukung beberapa talent yang sangat mumpuni di bidang seni musik dan vokal. Konser ini menampilkan Hansen Wiguna sebagai Pianist, Novi Purnaman Koswara di Cello, Muhamad Akbar Wardiansyah di Kendang, Rizki Tri Manafillahi dan Maisa Nur Kamila di Kecapi dan perkusi, Dikdik Putra Nugraha sebagai beatboxer serta diiringi oleh Orchestra dari Lemurian String Chamber serta beberapa talent lain tentunya.

Selain rutin mengadakan konser intern, PSM Unpad juga sering mengikuti kompetisi paduan suara tingkat nasional maupun internasional. Tidak jarang pula PSM Unpad ini mengharumkan nama Unpad di kancah internasional. Salah satunya yaitu pada tahun 2013 di 59th International Contest of Habanera and Polyphony Di Torrevieja, Spanyol dan tahun 2015 di 11th International Choir Festival  di Koper, Slovenia dan tentunya masih banyak prestasi PSM Unpad lainnya. Selain kompetisi paduan suara, PSM Unpad juga sering mengadakan konser persembahan di beberapa kedutaan besar seperti di tahun 2015 kearin di kedutaan besar indonesia untuk Hungaria.

Oleh : Yosan Ermawansyah/eh

Related Post