Pemanfaatan Promosi Diri Melalui Teknologi Digital

Sabtu, 6 April 2019 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Seminar Teknologi Era Digital yang kemudian disingkat SIMMENTAL 1.0 di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad Dipatiukur. Seminar ini bertemakan “Millenial Membangun Bisnis Agroindusti Menghadapi Era Teknologi Digital”. Acara berlangsung dari pukul 09.00 – 15.30 WIB.

SIMMENTAL 1.0 menghadirkan pemateri – pemateri luar biasa di antaranya Ade Truna (Trainer of Gapura Digital and Facilitator UKM of West Java), Achmad Zaki (CEO halalbeef.co.id and Trainer of BEKRAF), Endang Achmad (Co-Fouder of TukangSayur.co), dan Ibu Ati (Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bandung). Keempat pemateri menyajikan materi yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis bagi kaum millenial, khususnya di bidang agroindustri.

Ade Truna memaparkan materi “Why Digital Marketing Is Important For Small Business”, Achmad Zaki memaparkan materi “Why Do Business Need Digital Marketing”, Endang Achmad memaparkan materi “Why We Should Build Agroindustry E-Commerce”, serta Bu Ati memaparkan materi “Peran Pemerintah Dalam Perkembangan Digital Marketing di Bidang Agroindustri Peternakan”. Semua materi disampaikan dengan jelas melalui media Microsoft Powerpoint yang menarik dan tidak membosankan sehingga para peserta pun antusias untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Tidak hanya seminar, acara SIMMENTAL 1.0 juga menyelenggarakan talkshow bersama Medina Zein (Founder of MD Clinic, Medina Zein Boutique, MD Tour&Travel, and MD Cosmetics). Media Zein merupakan pemateri yang paling ditunggu – tunggu oleh seluruh peserta, dibuktikan ketika dipanggilnya Media Zein ke atas panggung, seluruh peserta begitu terlihat excited dan langsung mengeluarkan gadget masing – masing untuk mengambil gambar maupun merekam video sang influencer. Medina Zein berbagi materi tentang “How To Brand Yourself” yang akhirnya dapat menginspirasi para pemuda yang hadir untuk bisa sukses di usia muda dengan cara pemanfaatan promosi diri melalui teknologi digital.

“Di usia 19 tahun, saya merintis karir dalam berbisnis online dengan bisa memanfaatkan influencer untuk promosikan bisnis saya, yang terpenting adalah percaya diri.” Ujar Medina Zein.

Oleh karena target peserta yaitu kaum millenial, acara ini tidak hanya dihadiri oleh para pemuda, namun juga banyak orang dewasa yang hadir, terutama orang dewasa yang memiliki bisnis dengan pemanfaatan teknologi digital. Terlebih lagi, acara ini gratis sehingga total peserta pun mencapai sekitar 100 – 150 orang.

Selain itu, disediakan juga photobooth yang dapat langsung dicetak dengan menarik untuk mengabadikan momen para peserta yang mengunjungi SIMMENTAL 1.0.

 

Laporan oleh: Meisha Nurlianti Hidayat/SA

Related Post