Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad T.A 2018/2019

Pada tanggal 27 Agustus 2018, berletak di Jatinangor, kabupaten Sumedang Jawa Barat, Universitas Padjadjaran (Unpad) secara resmi mengadakan acara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk mahasiswa-mahasiswa baru yang telah lulus jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan SMUP. Dengan mengangkat tema Padjadjaran Poros Nusantara, PMB Unpad diselenggarakan dengan tujuan mendorong keingintahuan mahasiswa baru untuk mengetahui dan mendalami mengenai kemahasiswaan, keunpadan, kesundaan, dan kebangsaan sebagai penunjang dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa Unpad. Dengan adanya PMB Unpad, mahasiswa-mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 diharapkan dapat mulai mengenal dan menyesuaikan diri dengan lingkungan perguruan tinggi.

Acara PMB diselenggarakan dalam beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dari Senin-Rabu, 27-29 Agustus 2018. Kegiatan ini tersebar di enam lokasi area kampus Unpad Jatinangor, yaitu di Lapangan Parkir Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) sebagai lokasi utama acara PMB, Plaza Fakultas Peternakan, Lapangan parkir Bale Santika, Lapangan Basket, Lapangan Badminton, dan Futsal Bale Santika.

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 diresmikan langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad.

Rektor Unpad dalam sambutannya mengatakan, hampir keseluruhan program studi yang ada di UNPAD telah ter-akreditasi A. Universitas Padjadjaran telah berhasil menjadi World Class University peringkat empat, dan QS World University Rankings di rentang 651-700 yang memaknai Universitas Padjadjaran sebagai perguruan tinggi terbaik ke-empat di Indonesia dalam pemeringkatan dunia.

Tahun 2018, Unpad menerima 8.408 mahasiswa baru dari berbagai jenjang pendidikan, yaitu Sarjana sebanyak 6.299 mahasiswa, Sarjana Terapan 659 mahasiswa, Profesi 125 mahasiswa, Spesialis 216 mahasiswa, Magister 848 mahasiswa, dan Doktor 261 mahasiswa.

Setelah pemberian penghargaan kepada dosen, mahasiswa, dan unit kegiatan mahasiswa berprestasi, Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru resmi selesai. Rangkaian Acara Prabu dilanjutkan dengan makan siang bersama oleh mahasiswa baru 2018. Selama acara sedang berlangsung, diketahui bahwa Rektor Unpad dan Wakil Rektor Unpad mengunjungi secara langsung setiap titik lokasi Prabu untuk bertegur sapa dengan mahasiswa-mahasiswa baru 2018. Dalam setiap kunjungannya, Rektor Unpad menyampaikan pesan dan dukungan agar mahasiswa baru dapat mengikuti acara Prabu sampai hari terakhir diselenggarakan.

Saat waktu ishoma telah tiba, dilakukan mobilisasi mahasiswa-mahasiswa baru untuk bersegera melakukan sholat dzuhur secara bersama yang diatur oleh panitia Prabu. Setelahnya, rangkaian acara berupa kata sambutan dari Ardi Arfikri Arbar selaku Project Officer Prabu 2018 dan kegiatan Longser Civitas Unpad.

Rilis/SA

 

 

Related Post