Perilaku Hidup Sehat Bersama Komunitas

Perilaku Hidup Sehat Bersama Komunitas post thumbnail image

Minggu, 1 November 2020. BEM FKM Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan program Genosim. Acara ini ditujukan kepada anak-anak dengan maksud edukasi yang berfokus terhadap pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar dalam mewujudkan lingkungan yang sehat disertai edukasi tentang gizi yang baik. Program ini diadakan secara semi-offline via aplikasi ZOOM yang dihadiri oleh anak-anak dan beberapa panitia secara offline juga dengan pemateri dan peserta yang menghadiri acara secara online.

Acara ini dirangkai dengan sambutan oleh warga setempat, dilanjutkan dengan berbagai permainan seru, talkshow yang diselingi dengan video pendukung, pertunjukkan oleh anak-anak serta foto bersama. Acara diawali dengan keseruan anak-anak dalam bermain bersama sejumlah mahasiswa juga diselingi dengan sambutan oleh warga setempat di mana beliau berpesan agar sebagai manusia kita dapat memiliki rasa empati dan berbagi terhadap sesama yang merupakan kemuliaan dari sifat manusia.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan berbagai materi yang mengajak untuk melakukan perilaku hidup sehat di mulai dari “Pemberantasan Sarah Nyamuk”, “Cara Mencuci Tangan yang Benar”, serta “Gizi Sehat dan Seimbang”. Setelah itu, acara ini dilanjut dengan lantunan shalawat serta nyanyian yang dipertunjukkan oleh anak-anak setempat dan disambut tepuk tangan yang cukup meriah.  Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi interaksi antara panitia di lokasi bersama anak-anak disertai dengan bermain dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pada kegiatan ini salah satu bahasan yang menarik adalah mengenai cuci tangan dengan baik dan benar. Hal yang sering dianggap sebelah mata ini memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari.

“Cuci tangan dengan baik dan benar dapat mencegah terjadinya penularan penyakit yang dapat tersebar melalui sentuhan tangan dengan lingkungan.” Ujar Taniki selaku narasumber.

Lebih lanjut lagi, Taniti menyampaikan, mencuci tangan dapat dilakukan sebelum dan setelah makan, setelah buang air besar, sebelum menyusui, dan setelah beraktivitas.

Liputan oleh: Rian Perdana/SA

Tags: ,

Related Post