Public Speaking Melalui Media Virtual, Gimana Sih Caranya?

Public Speaking Melalui Media Virtual, Gimana Sih Caranya? post thumbnail image

Pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia belum juga usai, sehingga melakukan aktivitas belajar mengajar secara virtual atau jarak jauh. Sejumlah kegiatan Sivitas sekarang termediasi dengan media – media virtual meeting untuk melakukan komunikasi secara jarak jauh seperti platform zoom, google meet, skype, hangout, dan lainnya.

Ilustrasi public speaking secara virtual Dok.Radio Unpad
Ilustrasi public speaking secara virtual Dok.Radio Unpad

Namun, tidak semua orang mampu untuk melakukan public speaking secara virtual, hal ini dapat disebabkan karena tidak terbiasanya Sivitas untuk berbicara di depan kamera. Sehingga, seringkali Sivitas merasa gugup atau bahkan bingung untuk mulai berbicara. hal ini mengakibatkan kurangnya percaya diri dalam melakukan public speaking secara virtual. Nah, Sivitas jangan bingung. Berikut tips and trick Radio Unpad untuk melakukan public speaking supaya Sivitas lancar dalam mengikuti perkuliahan secara virtual.

  1. Kuasai dan Pahami Materi

Penguasaan materi sangat penting bagi Sivitas yang akan melakukan presentasi atau pembelajaran karena akan menunjukan sikap kredibilitas sebagai seorang pembicara. Pemahaman pada materi akan membantu Sivitas dalam menanggapi pertanyaan dari audiens atau peserta lainnya.

  • Tatap Kamera Sebagai Pengganti Tatap Mata

Kontak mata sangat penting dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam berkomunikasi dengan audiens. Kontak mata disaat melakukan komunikasi sangat berpengaruh besar bagi Sivitas dalam berinteraksi sosial karena kontak  mata merupakan komunikasi non-verbal.

  • Pilih Tempat Sunyi dan Latar Yang Bagus

Tempat sunyi merupakan bagian yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking karena mengantisipasi bisa terjadi kebocoran microphone, dan perhatikan background tempat Sivitas berada, ya.  Jika Sivitas tidak memungkinkan, gunakan virtual background sebagai solusi agar terlihat persiapan public speaking Sivitas yang akan dilakukan serta tidak menjadit distrack (hilang fokus) bagi audiens atau peserta.

  • Sediakan Notes Kecil

Buat catatan kecil seperti poin – poin yang akan disampaikan saat melakukan virtual meeting atau buka tab baru untuk jaga – jaga saat memaparkan materi seperti sumber atau artikel supaya tidak lupa terhadap sesuatu yang akan disampaikan oleh Sivitas. Terakhir, pastikan jaringan stabil dan pencahayaan yang cukup ya, Sivitas! Jangan lupa enjoy and relax dan yang paling penting berdoa sebelum memulai.  

Stay safe and healthy ya Sivitas!

Penulis: Gian Wiggi Gumelar/SA

Tags:

Related Post

Digitalisasi RadioDigitalisasi Radio

  Radio memiliki peran penting di Indonesia. Pada masa kemerdekaan, radio menjadi media massa yang menyampaikan berita proklamasi ke seluruh penjuru tanah air. Peristiwa penyiaran proklamasi juga menjadi penanda awal