Sivitas Wajib Cobain Wisata Antimainstream Berikut Ini!

Sivitas Wajib Cobain Wisata Antimainstream Berikut Ini! post thumbnail image

Membahas pariwisata Indonesia merupakan sesuatu yang engga bakal ada habisnya. Engga heran,  sebagai negara maritim negeri kita tercinta ini memiliki setidaknya 17.000 pulau dengan limpahan kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal dan macanegara untuk turut merasakan sensasi yang disuguhkan oleh berbagai destinasi wisata tersebut. Jadi buat Sivitas yang suka travelling, jangan sedih kalo udah pernah jalan-jalan keliling Bali, Jogja, ataupun Bandung karena sesungguhnya masih banyak loh wisata yang bisa di explore! Lanjutin baca tulisan ini untuk tau destinasi wisata di Indonesia yang super keren tapi masih jarang dikunjungi.

  1. Teluk Kilauan
Sumber foto: dolanyok.com
Sumber foto: dolanyok.com

Kalau Sivitas ingin merasakan wisata dengan atmosfer penduduk lokal yang kental, bertemu lumba-lumba, sekaligus menikmati lautan yang eksotis maka Teluk Kilauan adalah jawabannya. Ragam aktifitas yang bisa dilakukan juga banyak, mulai dari snorkeling, diving, melihat lumba-lumba, memancing, hingga island hopping. Keunikan lainnya dari Teluk Kilauan pengelolaannya yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat sehingga masih sangat terjaga keasriannya.  Berada pada Desa Kilauan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, perlu menempuh 3-7 jam dari Bandar Lampung dengan rute perbukitan untuk sampai pada destinasi wisata ini. Perjalanannya yang cukup jauh dan ekstrim membuat Teluk Kilauan cukup popular dikalangan backpaker. Walaupun belum terakses listrik atau jaringan internet, dijamin deh Sivitas pasti betah berlama-lama menikmati keindahan Pulau Kilauan ini.

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/teluk-kiluan-ekowisata-berbasis-swadaya-masyarakat

2. Pulau Biawak Indramayu

Sumber foto: javatravel.net

Engga perlu ketemu komodo di NTT jika Sivitas mau merasakan wisata yang menantang. Karena Pulau Biawak di Indramayu bisa menjadi alternatifnya. Disini, pengunjung bisa bertemu biawak yang dibiarkan hidup liar di hutan mangrove.  Bukan hanya itu saja pengunjung juga bisa menikmati sunset-sunrise, snorkeling, island hopping, trekking di hutan mangrove, serta mengunjungi mercusuar antik yang tingginya mencapai 65m. Untuk bisa kesini, Sivitas perlu memesan paket open trip yang biasanya berdurasi 2 hari 1 malam. Serupa dengan Teluk Kilaun, Sivitas harus siap ya dengan terbatasnya koneksi listrik dan tidak adanya jaringan internet. Namun hal tersebut tentu saja sepadan, terlebih dengan harga open trip yang ditawarkan. Biasanya berada dikisaran 250 ribu saja. Terjangkau bukan?

https://www.idntimes.com/travel/destination/intan-deviana-safitri/pulau-biawak-indramayu-c1c2/5

3. Air Terjun Madakaripura

Sumber foto: instagram.com/miwafajri

Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Air Terjun Madakaripura menyimpan sejumlah keindahan dan mitos. Dengan tinggi mencapai 200 meter, air terjun ini menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Ketika berjalan mendekati air terjun, lembah sungai menyempit menjadi serupa ngarai. Wisatawan perlu membawa jas hujan atau ponco karena percikan air akan terasa seperti gerimis sejak melewati tebing yang menyempit. Pemandangan air terjun utama jatuh serupa tirai yang bersinar diterpa cahaya matahari. Disampingnya juga terdapat curuk kecil dan kelilingi oleh tebing dengan tumbuhan hijau. Konon, disinilah Patih Gajah Mada sering bertapa. Fasilitas seperti toilet, dan toko souvenir tersedia pada lahan parkir terakhir yang berjarak 30 menit dari air terjun. Apabila Sivitas berminat mengunjungi air terjun ini, pastikan pada musim hujan penghujung sekitar Bulan Mei-Juni sehingga terhindar dari resiko banjir atau longsor disekitar air terjun.

Itu dia rekomendasi destinasi wisata Indonesia anti mainstream versi Radio Unpad. Walau tulisan ini berpotensi mengundang rasa ingin berlibur, pastikan Sivitas tetap aman dengan #dirumahaja ya selama masa pandemi ini! Wisata diatas bisa Sivitas masukan kedalam wish list untuk liburan apabila situasi pandemi sudah mereda dikemudian hari. 

Penulis: Allya Audy Amartya/SA

Tags:

Related Post