Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran T.A. 2017/2018

Pada hari Senin, 21 Agustus 2017 telah dilaksanakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (Prabu) Unpad T.A. 2017/2018 di Stadion Jati Padjadjaran Unpad. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unpad Bapak Prof. Dr. Med. Tri
Hanggono Achmad dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur Maluku, Bupati/Walikota se-Jawa Barat, Ketua Ikatan Alumni Unpad, serta Senat dan Dekan seluruh Fakultas Unpad.

Pada pembukaan acara ini dilaporkan bahwa jumlah total mahasiswa baru yang diterima di Unpad pada tahun ini ialah 7.969 orang. Diberitahukan juga bahwa selama enam tahun berturut-turut Unpad menjadi Universitas terfavorit di Indonesia. Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada hari pertama Prabu ini, ialah berupa Upacara yang dilanjutkan dengan kegiatan Forum Grup Discustion (FGD).

Kegiatan ini dilakukan di beberapa fakultas salah satunya di Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Ada tiga daerah yang melakukan kegiatan FGD di FIB, antara lain, Bogor, Pangandaran dan Garut. Kegiatan FGD ini di hadiri oleh Bupati serta mahasiswa yang berasal dari daerahnya masing-masing.

FGD daerah Garut dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Bapak Hajar dan narasumbernya ialah Bupati Garut yaitu Bapak Rudy Gunawan. Pada FGD ini Bapak Rudy menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian yang telah dilakukan banyak mahasiswa yang DO ( Drop Out ) dikarenakan orangtua mereka yang kurang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Maka pada FGD ini, Bapak Rudy mengatakan, “kalau ada yang demikian, bisa disampaikan kepada kami.” Tentu maksud dari bapak tersebut ialah untuk membantu mahasiswa garut
yang merasa kesulitan di bidang materi. Pada forum tersebut, Bapak Rudy juga mengatakan bahwa tahun ini telah dimulai pembangunan asrama di kawasan Unpad Jatinangor bagi mahasiswa Unpad yang berasal dari Garut. Untuk
sementara ini, Garut merupakan satu-satunya daerah yang akan memiliki asrama khusus untuk mahasiswa daerahnya di kawasan Unpad.

Sedangkan kegiatan FGD Daerah Pangandaran dipimpin oleh Bapak Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, Dekan Fakultas Ilmu Budaya. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Pangandaran, Bapak H. Jeje Wiradinata beserta istrinya. Serta mahasiswa baru yang berasal dari Pangandaran, yang berasal dari 16 Fakultas yang ada di Unpad. Pada sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Bapak Bupati. Seperti apakah ada program yang dilakukan umtuk memotivasi masyarakat untuk lanjut kuliah, serta cara mengubah mindset bahwa kuliah itu aneh dimata masyarakat Pangandaran. Pada sesi ini Gubernur Pangandaran menyampainkan program yang ada, yaitu kegiatan seperti seminar yang sering dilakukan untuk meningkatkan motivasi masyarakat Pangandaran untuk melanjutkan pedidikan. Dari Unpad pun ada banyak penyuluhan yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.

Sedangkan untuk merubah mindset masyarakat Pangandaran tenatang kuliah itu aneh, Bapak Gubernur mengajak para mahasiswa baru untuk membuktikan pada masyarakat bahwa kuliah itu penting dengan meunjukkan prestasi. Adapun pesan yang disamapikan oleh Gubernur Pangandaran kepada para mahasiswa baru “berperilaku kampung tapi berfikiran kota”. Maksudnya agar terus menjaga nilai dan moral daerah, namun dengan pemikiran kota.

Related Post