Vaksin Telah Hadir Sebagai Harapan Baru Pemutus Rantai COVID-19

Vaksin Telah Hadir Sebagai Harapan Baru Pemutus Rantai COVID-19 post thumbnail image

Terhitung dari sejak awal tahun, hingga kini pandemic COVID-19 belum juga berakhir. Kalau Sivitas pantengin terus gimana perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia, pasti Sivitas bakal melihat grafik perkembangan kasus yang terus menanjak, padahal belakangan ini udah banyak kebijakan dilakukan oleh pemerintah, dimulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar sampai program 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak).

Kebijakan-kebijakan itu memang sudah berjalan dengan baik namun belum membuahkan hasil yang signifikan. Bahkan sekarang pun Sivitas masih sering melihat banyak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dan tidak sedikit pula yang sudah tidak acuh dengan keadaan seperti ini. Padahal Sivitas pastinya sudah bosen banget kan buat diam dirumah dan gak sabar untuk kuliah offline?

Nah menuju akhir tahun ini, kita semua telah mendapatkan kabar bahagia bahwa vaksin COVID-19 yang selama ini kita tunggu-tunggu sejak lama telah hadir. Dalam pidatonya di Istana Merdeka, Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia telah mendatangkan vaksin berjenis Sinovac dari negara China dengan jumlah yang cukup banyak, yaitu 1.2 Juta dosis loh Sivitas.

Ilustrasi:: www.kompas.com

Menurut keterangan Presiden, vaksinisasi COVID-19 di Indonesia akan digelar pada tahun 2021 mendatang. Namun, vaksin ini belum merampungkan tahap tiga uji klinis, dan juga belum diketahui secara pasti bagaimana keampuhannya untuk melawan COVID-19 ini. Jadi, sebelum diedarkan untuk kita semua, vaksin tersebut harus disimpan dahulu di Biofarma untuk mendapatkan izin pengguna darurat (EUA) dari Badan Pemeriksa Obat-obatan dan Makanan (BPOM) serta kajian halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun Sivitas tak perlu khawatir, berdasarkan pidato Presiden RI (16/12), vaksin ini akan diberikan secara cuma-cuma untuk kita semua. Harapannya dengan adanya vaksin ini, pandemic yang telah lama terjadi bisa cepat terselesaikan dan kita semua bisa hidup secara normal tanpa perlu khawatir untuk terjangkit virus. Namun sebagai warga negara yang baik, sebelum kita melakukan vaksin nanti, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, pelajari dahulu mengenai jenis dan juga manfaat dari vaksin COVID-19 yang akan diberikan nanti, perhatikan persyaratan dan juga ketentuan penerima vaksin COVID-19, dan jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan untuk menjaga dan memutuskan rantai persebaran virus ini, ingat Sivitas sayangi yang dirumah yaa, stay at home, stay safe, dan stay tune terus di www.radio.unpad.ac.id .

Penulis: Muhammad Nizar Firdaus/SA

Tags:

Related Post