Wisuda Gelombang III, Luluskan 2202 Mahasiswa Unpad

Wisuda-Unpad-Gelombang-II-Tahun-Akademik-2014_2015-sesi-1-ilalang-foto-010

[Bandung, 10 Mei 2016] Civitas seorang mahasiswa? Apa yang langsung terlintas di fikiran civitas mengenai wisuda? Lulus? Baret wisuda? Atau apa yang akan dilakukan setelah lulus dari kampusnya? Nah begitulah perasaan wisudawan wisudawati yang mengikuti Prosesi Wisuda Gelombang III. Wisuda ini merupakan gerbang para wisudawan/wisudawati menerima hasil jerih payahnya selama mengikuti pendidikan di kampus. Wisuda gelombang III ini dilaksanakan selama tiga hari dari 10 mei 2016 – 12 mei 2016 yang dibagi menjadi lima sesi wisuda yang dilaksanakan di gedung Graha Sanusi kampus Unpad Dipatiukur.

Sebanyak 2202 mahasiswa secara resmi  dinobatkan menjadi alumni Universitas Padjadjaran oleh Rektor Unpad Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad dr. Mahasiswa ini berasal dari berbagai jenjang mulai dari Doktor, Magister, Sarjana serta Diploma dari 16 fakultas di Unpad. Selama proses wisuda ini terlihat begitu khidmat mulai dari prosesi penyerahan tanda kelulusan hingga persembahan untuk orang tua. Selain itu, terdapat penyerahan penghargaan kepada beberapa wisudawan yang memperoleh beberapa predikat. Salahsatunya wisudawan terbaik jenjang sarjana yang diberikan kepada Maria adriatne Prasetyaningrum dari program studi Matematika FMIPA dan Friska Amelia Pratiwi dari Program studi Statistika FMIPA sebagai wisudawan termuda yang lulus pada usia 19 tahun 6 bulan serta yayat Hendrayana dari Program studi Sastra FIB sebagai wisudawan tertua dengan lulus pada usia 72 tahun 8 bulan.

Prof. Tri Hanggono Achmad menyampaikan dalam pidatonya bahwa berkaitan dengan hari pendidikan nasional yang kemarin, Universitas Padjadjaran diharapkan menjadi institusi yang menghasilkan wisudawan yang memiliki sikap kepemimpinan akademik dan memiliki komitmen yang kuat dalam membangun dunia pendidikan. Hal ini berkaitan dengan prinsip Ki Hajar Dewantara Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya mangun karsa dan Tut Wuri Handayani yang bermakna pendidikan kokoh akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan kuat bagi pembangunan bangsa ini. Oleh karena itu para wisudawan diharapkan dapat menjadi pelopor pendidikan di berbagai bidang untuk pembangunan indonesia.

“Saya bangga anak saya bisa lulus dari Universitas terbaik yaitu Unpad, saya juga bangga bahwa anak saya bisa lulus cepat yaitu tiga setenagh tahun sehingga lebih cepat dan bisa berperan untuk Indonesia tentunya” tutur komentar orang tua salah satu mahasiwa bernama Annisa Khairani dari Fakultas Pertanian yang ditemui setelah prosesi wisuda. Selain itu, mahasiwa lainnya juga menyambut dengan sangat antusias para wisudawan yang beru keluar gedung Graha Sanusi. Para mahasiswa ini menyambut dengan prosesi yang beragam, mulai dari pemberian hadiah wisuda yang unik ataupun mengajak para wisudawan berkeliling lingkungan gedung graha sanusi dengan diawasi barikade seperti yang dilakukan teman teman dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Menurut Maria, menjadi seorang lulusan terbaik tentunya harus ada beberapa hal yang dilakukan. Salah satunya yaitu dengan keinginan terus belajar dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah. Hal ini nantinya akan membuat teman teman mudah dalam menyelesaikan perkuliahan tentunya.

Kebanggaan para wisudawan tentunya sangat besar pada acara wisuda ini. Terlihat dari beberapa ekspresi dan wawancara dimana para wisudawan merasa senang serta tentunya bangga dapat lulus dari universitas padjadjaran.  Semoga dengan lulusnya para wisudawan wisudawati ini dapat berkontribusi dalam pembangunan negara indonesia.

Oleh : Yosan Ermawansyah

 

Related Post