Produktif Di Masa Pandemi? Siapa Takut!

Di masa pandemi kaya gini, gak jarang loh dari kita mulai merasa kurang bersemangat dan demotivasi nih Sivitas! Apalagi ditambah dengan tugas-tugas yang gak pernah berhenti. Duh makin pusing! Eitss tapi tenang dulu, kali ini Radio Unpad punya solusinya nih buat Sivitas supaya tetap bisa produktif di masa pandemi ini. Check this out!

  1. Luangkan 45 menit waktumu dalam sehari untuk belajar/berlatih hal yang kamu sukai!
ilustrasi by: Leverageedu.com

Sivitas tau gak sih kalau dalam The Learning Curves – Rules of 20 Hours oleh Josh Kauffman, beliau mengatakan bahwa menyisihkan sekitar 45 menit dalam sehari mampu memperbaiki kemajuan kita untuk belajar/latihan untuk menguasai hal-hal baru di dunia. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengaplikasikan The Learning Curve – Rules of 20 Hours ini, diantaranya yaitu:

  • Aktif di dalam kelas pelatihan/pembelajaran yang kamu sukai atau kamu ambil agar hasil yang diterima juga lebih maksimal.
  • Self Training selama 45 menit dalam sehari untuk fokus mengeksplorasi hal baru berkaitan dengan skills atau bahkan hal yang kamu sukai.
  • Lakukan kolaborasi dalam belajar/latihan yang berkaitan dengan hal yang kamu sukai tersebut.
  1. Buat prioritas waktu pengerjaan tugasmu!
Ilustrasi by: Lifestyle.bisnis.com

Untuk menghindari stress karena segala hal yang menumpuk, kamu perlu membagi kegiatan tersebut loh Sivitas! Ada beberapa step yang bisa dilakukan nih:

  • Pertama Sivitas bisa mulai dengan membuat list dari apa saja tugas-tugas yang akan dikerjakan.
  • Lalu urutkan list tersebut berdasarkan deadline waktu paling dekat.
  • Setelah list sudah berurutan, Sivitas bisa mulai memindahkan list tersebut ke atas kertas kosong dengan menambahkan corak warna sesuai dengan kreativitasmu.
  • Jika sudah selesai, Sivitas bisa menempel kertas prioritas tersebut di bagian kamar yang bisa dilihat dengan jelas setiap saat. Contohnya itu bisa Sivitas tempel di dinding kamar, pintu lemari, cermin, wall grid, bahkan di langit-langit kamarmu sekalipun.
  1. Jangan lupa menyisihkan waktumu untuk membaca!
Ilustrasi by: Manado.tribunnews.com

Wah poin nomor tiga ini kelihatan susah ya Sivitas, tapi ingat poin ini juga penting banget loh buat diterapkan! Kalau kata Maudy Ayunda “Baca buku itu salah satu kegiatan yang aku suka banget. Mungkin emang iya kelihatannya nerdy. Tapi aku sadar, banyak hal di dunia ini yang aku gak tau. Coba dipikirin deh dunia tuh besar banget dan informasi di dalamnya otomatis juga banyak. Semakin banyak kalian membaca buku bukan semakin tahu kalian soal dunia, tapi kalian akan paham bahwa banyak hal di dunia ini yang ternyata kalian gak tahu itu apa sebelumnya. Jadi itu kenapa buku disebut sebagai jendela ilmu, karena dengan membaca kamu akan mendapat informasi soal dunia ini.”

  1. Jangan lupa untuk selalu update CV dan juga Portofolio kamu!
ilustrasi by: Careeraddict.com

Sivitas tahu gak sih? Di masa pandemi sekarang, cukup banyak loh perusahaan dan organisasi yang membuka lowongan magang (internship) bagi banyak mahasiswa! Untuk berkarir di dunia permagangan ini, Sivitas harus membuat CV dan Portofolio yang baik dan selalu di update secara berkala. Di dalam Portofolio sendiri, Sivitas disarankan untuk memasukkan hasil karya yang dirasa menarik bagi perusahaan dan organisasi tempat kamu mendaftar internship. Oiya Sivitas juga bisa mulai untuk membuat Linked In dan membagikan testimoni pengalaman serta minat dan bakat kalian. Jadi jangan sampai Sivitas melewatkan kesempatan berharga ini untuk improve kemampuan diri kamu ya!

  1. Ikuti beragam seminar daring sesuai dengan minat dan bakatmu!
IIlustrasi by: Sevima.com

Di masa pandemi ini, ternyata banyak banget loh Sivitas seminar yang bisa kamu ikuti secara online. Jadi sekalipun sedang Work From Home, Sivitas semua masih bisa memperluas wawasan dan pengetahuan terkait minat serta bakat yang kalian miliki. Tidak hanya itu, seminar daring ini juga lebih efektif karena bisa membuat kamu menghemat uang dan tenaga. Eitss tapi perlu diingat juga nih Sivitas, melalui seminar daring ini kamu juga bisa mengeksplor banyak hal di luar zona nyaman kamu loh! Jadi manfaatkan sebaik mungkin untuk media kamu belajar banyak ya Sivitas!

  1. Terakhir, berikan self reward jika kamu telah menyelesaikan suatu tugas!
Ilustrasi by: Theceomagazine.com

Setelah beragam struggle yang Sivitas rasakan selama masa pandemi ini. Sekarang waktunya kalian untuk produktif mencintai diri sendiri, supaya psikis dan mental kalian tidak terasa lelah! Salah satu caranya yaitu memberikan self reward untuk dirimu sendiri yang sudah menyelesaikan suatu tugas, baik itu dalam skala besar maupun kecil sekalipun. Dengan memberi self reward, Sivitas sudah menjalankan satu step lebih maju untuk meningkatkan rasa semangat di diri sendiri. Jadi jangan lupa untuk selalu menghargai setiap proses yang sudah Sivitas lalui selama ini ya! Semangat!

Penulis: Dilla Novita/SA