Radio Unpad Event,Feature Palawa Unpad Lakukan Pemetaan Sungai Ayung Sejauh 20 km dengan Kayak dan Pitkano di Bali

Palawa Unpad Lakukan Pemetaan Sungai Ayung Sejauh 20 km dengan Kayak dan Pitkano di Bali

<strong>Palawa Unpad Lakukan Pemetaan Sungai Ayung Sejauh 20 km dengan Kayak dan Pitkano di Bali</strong> post thumbnail image

Palawa Unpad telah lakukan pemetaan morfologi Sungai Ayung di Bali sejauh 20 km menggunakan kayak dan pitkano.

Pada tanggal 3-18 Juli 2023, Palawa Unpad telah memberangkatkan tiga orang anggota untuk melakukan pengarungan dengan menggunakan kayak dan pitkano serta pemetaan di Sungai Ayung, Bali. Keberangkatan ini ditandai dengan upacara keberangkatan pengembaraan yang dipimpin oleh Pembina Palawa Unpad Dr. Vita Sarasi, SE., MT pada Sabtu (3/7).

Adapun ketiga anggota yang berangkat adalah Shahiban Muzaki (FTIP), Asyrurifa Fauzi (FPIK), dan Nada Aulia (FIB) serta didampingi oleh dua pembimbing Putri Chania (Farmasi) dan Alifdha Asri (Fapet). Ketiga anggota tersebut merupakan Tim Panaratas yang merupakan tim pengembaraan dari Angkatan Ardi Wirasana, Angkatan ke-36 Palawa Unpad.

Selaras dengan nama timnya yang berarti pelopor, Tim Panaratas ini mempelopori penggunaan kayak dan pitkano ini sebagai media pengarungan di Palawa Unpad. Tim melakukan pengarungan dengan sistem river running system bersama dengan 2 perahu karet dengan target menempuh jarak 20 km dari Desa Kadewatan sampai Desa Sibanggede. Selama pengarungan, tim telah melakukan pemetaan morfologi sungai dengan cara menggunakan form descriptor yang berisi deskripsi jeram dan sungai lalu untuk form sketcher yang berisi gambar jeram yang dipetakan.

Selain itu, tim juga mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan pengabdian masyarakat berupa observasi sungai serta Sosialiasi Pitkano sebagai water sport tourism di Desa Sibanggede. Tim mengidentifikasi karakteristik sungai dan kondisi sosial masyarakat desa untuk menghasilkan rekomendasi wisata pitkano pada Desa Sibanggede. Hasil observasi yang berupa rekomendasi wisata tersebut kemudian di paparkan kepada stakeholder terkait seperti perangkat Desa Sibanggede dan Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai kegiatan sinergi antara Palawa Unpad bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dan Boogie Adventure dalam peningkatan kualitas destinasi wisata. Dengan begitu, selain rekomendasi wisata tim mengadakan sosialisasi yang turut mengundang Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dengan materi Pengembangan Desa Wisata yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung ,Bapak (I Nyoman Rudiarta, S.STP. M.M.), Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Bapak (I Gede Made Sukayasa, S. T.,M. T.) dan JF. Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda Ibu (Ni Nyoman Ayu Hari Nalayani, A.Par.,M.Par.). Serta Ketua Pitkano Indonesia yaitu (Faisal Nurkholis) yang membawakan materi terkait Pitkano.

Output kegiatan dari pengembaraan ini akan dihimpun dalam buku yang memuat perjalanan, hasil pemetaan jeram Sungai Ayung, serta diktat penggunaan kayak. Seluruh perjalanan ini juga akan dirangkum dalam bentuk video dokumenter. Selain itu, hasil dari sosialisasi dan rekomendasi wisata diberikan kepada perangkat Desa Sibanggede dan juga Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.

Penulis: Radio Unpad

Editor: Izzuddin Hamid

Related Post