Radio Unpad Feature Hari Toleransi Internasional

Hari Toleransi Internasional

Hari Toleransi Internasional post thumbnail image

Hari Toleransi Internasional

Halo, Sivitas! Tahu kah kamu? Jika setiap tanggal 16 November selalu diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional atau International Day of Tolerance? Penetapan hari ini berawal dari hasil kesepakatan dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diselenggarakan pada 1995. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi masyarakat dunia. 

Sejarah Hari Toleransi Internasional

Sebelumnya, UNESCO yang berada di bawah naungan PBB memperingati Tahun Toleransi atau Year for Tolerance pada 16 November 1995. Cara untuk memberikan kesadaran toleransi untuk semua badan yang berpartisipasi adalah melalui Deklarasi Prinsip Tolerans yang dibuat saat ini. Deklarasi tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran akan intoleransi yang masih sering terjadi di dunia.

Cara Melawan Intoleransi

Salah satu cara melawan intoleransi adalah dengan berhenti menyebarkan kebencian. Cara ini tentu harus didukung oleh banyak pihak. Dikutip dari Kompas.com yang melansir laman PBB, terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk melawan intoleransi, yaitu:

  • Hukum. Pemerintah harus bertanggung jawab untuk menegakkan hukum, Hak Asasi Manusia, dan melarang kejahatan, kebencian, serta diskriminasi.
  • Pendidikan. Perlu adanya penekanan yang lebih besar dari segi pendidikan dan edukasi terhadap masyarakat di dunia.
  • Akses Informasi. Cara ini paling efektif dengan mempromosikan kebebasan pers dan pluralisme pers agar publik dapat membedakan antara fakta dan opini
  • Kesadaran individu. Individu harus menyadari hubungan antara perilaku dan lingkaran setan ketidakpercayaan dan kekerasan di masyarakat
  • Solusi lokal. Tidak perlu menunggu pemerintah dan lembaga berwenang untuk bertindak. Hal ini dikarenakan kita semua adalah bagian dari solusi.

Nah, Sivitas, itu dia cara memerangi dan melawan intoleransi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Semoga dengan adanya peringatan Hari Toleransi Internasional ini, kita bisa lebih menghargai orang-orang di lingkungan sekitar dan memutus penyebaran kebencian, kejahatan, dan diskriminasi yang dapat menyakiti orang lain. Selamat Hari Toleransi Sedunia, Sivitas!

Tags: ,

Related Post