Radio Unpad Feature,News MENGINSPIRASI KESETARAAN DAN KEBERAGAMAN MELALUI PERINGATAN HARI KARTINI

MENGINSPIRASI KESETARAAN DAN KEBERAGAMAN MELALUI PERINGATAN HARI KARTINI

MENGINSPIRASI KESETARAAN DAN KEBERAGAMAN MELALUI PERINGATAN HARI KARTINI post thumbnail image

Bulan Kartini yang setiap tahunnya diperingati pada 21 April menjadi ajang peringatan perjuangan tokoh emansipasi wanita dalam memperjuangkan kesetaraan. Pada tahun ini, Universitas Padjadjaran memperingati Hari Kartini dengan menyelenggarakan berbagai lomba yang diikuti oleh para pimpinan, dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa. Acara ini dilaksanakan sehari setelah peringatan Hari Kartini dan mengangkat tema “Inspirasi Kartini untuk Unpad” sebagai bentuk harapan agar keluarga Universitas Padjadjaran dapat meneladani dan menjadikan nilai hidup Kartini sebagai inspirasi untuk meningkatkan kualitas diri. 

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Rina Indiastuti. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi pahlawan nasional kartini dan para Kartini Unpad. Atas dasar itu, ketua pelaksana, Prof. Ira Irawati, menyampaikan harapannya bahwa melalui acara ini, semua peserta dan anggota keluarga besar Universitas Padjadjaran dapat mengambil teladan dari semangat dan cita-cita Kartini, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesetaraan.

Terdapat tiga mata lomba yang berlangsung di depan halaman gedung rektorat Unpad ini, yaitu lomba poster, peragaan busana, dan lomba memasak. Ketua pelaksana menyisipkan harapan dan doa baiknya pada setiap mata lomba. Seperti mata lomba poster yang diikuti oleh 56 peserta ini mengusung tema “Kartini di Mataku” dengan harapan bahwa peserta dapat menumpahkan gagasan dan idenya mengenai sejauh mana mereka menilai sosok Kartini dan perjuangannya. Sedangkan upaya pengenalan kekayaan budaya Indonesia dan pelestarian budaya dilakukan melalui mata lomba peragaan busana yang diikuti oleh 54 peserta dengan tema “Kartini Unpad 2024”.

Partisipan lomba tidak dibatasi hanya untuk perempuan. Bahkan, terdapat satu mata lomba yang dikhususkan bagi peserta laki-laki, yaitu lomba memasak. Prof. Ira Irawati menyampaikan bahwa melalui mata lomba ini, diharapkan pesan kesetaraan antara pria dan wanita dapat sampai kepada masyarakat karena memasak bukan sesuatu yang hanya dan harus dilakukan oleh perempuan. Mata lomba yang diikuti oleh 31 peserta ini memiliki ketentuan menu nasi goreng sebagai makanan utamanya.

Pada akhir rangkaian acara, diumumkan tiga pemenang berurutan pada setiap mata lomba. Prof. Rina Indiastuti, Rektor Universitas Padjadjaran, juga menyampaikan ucapan selamatnya secara langsung di hadapan peserta pada hari tersebut. “Selamat Hari Kartini. Selamat menjadi perempuan hebat. Selamat kepada bapak-bapak yang telah selalu mendukung para perempuan hebat,” ujarnya penuh harap.

Penulis: Arini Nurul Fajrin

Editor: Izzuddin Hamid

Related Post