Rekomendasi Perpustakaan Nyaman untuk Membaca

Rekomendasi Perpustakaan Nyaman untuk Membaca post thumbnail image

Halo Sivitas! Sudah tau belum bahwa hari ini 18 Oktober merupakan Hari Perpustakaan Sedunia. Nah bagi Sivitas yang suka membaca atau belajar di perpustakan, RUnners akan merangkum rekomendasi berbagai perpustakaan yang nyaman untuk membaca dan belajar yang dapat Sivitas datangi.

DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat terletak di jalan Kawaluyaan Indah III No. 4 Soekarno Hatta, Bandung. Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Bandung. Perpustakaan ini sangat cocok bagi Sivitas yang hobi mencari buku-buku yang berbeda jenis karena memiliki jumlah buku yang sangat banyak dan beragam. Bahkan terdapat 4 ruang baca yang berbeda dalam perpustakaan ini yakni ruang baca anak, ruang baca remaja, ruang baca dewasa 1, dan ruang baca dewasa 2.

Microlibrary Bima

Setelah dari perpustakaan besar, Sivitas perlu juga mengetahui bahwa ada perpustakaan kecil tetapi menyimpan banyak buku yang lengkap yaitu perpustakaan Microlibrary Bima. Hal yang unik dari Microlibrary Bima adalah ia dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Terdapat dua ribu ember plastik yang disusun sedemikian rupa dalam membentuk kode biner yang memiliki arti “buku adalah jendela dunia”. Perpustakaan yang terletak di jalan Bima No. 103, Arjuna, kota Bandung ini bahkan mendapat 2 penghargaan yakni Penghargaan Komunitas Arsitektur Dunia pada 2016  dan Penghargaan Architizer A+ pada 2017.

Perpustakan Gasibu

Sesuai dengan namanya perpustakaan Gasibu terletak persis di area Lapangan Gasibu Bandung. Dengan ini Sivitas selaij dapat berjalan-jalan dan berolahraga tetapi juga dapat mampir ke perpustakaan Gasibu untuk membaca buku. Perpustakaan ini snagat nyaman karena terdapat sofa, pendingin ruangan, dan komputer yanh dapat memudahkan kegiatan membaca Sivitas.

Perpustakaan Kineruku

Bagi Sivitas yang menyukai tempat-tempat aesthetic, maka perpustakan Kineruku merupakan pilihan yang pas unyuk membaca dan belajar. Perpustakaan ini memberikan nuansa vintage dengan ornamen serta pernak pernik antik yang membuat momen Sivitas seperti belajar di masa lalu. Perpustakan yang beralamat di Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung ini tidak hanya menyajikan referensi buku saja, tetapi juga film dan musik.

Perpustakan Batu Api

Perpustakaan yang terletak di Jatinangor tepatnya di Jl. Raya Jatinangor, Cikeruh, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Perpustakan ini menjadi tempat istimewa tersendiri bagi para mahasiswa sekitarnya seperti mahasiswa UNPAD. Saat memasuki perpustakaan ini, Sivitas akan melihat banyak mahasiswa yang sedang membaca, mencari inspirasi, atau sekedar menghibur diri dengan ribuan buku yang ada. Perpustakaan Batu Api menyajikan hampir 10.000 buku ditambah juga dengan koleksi majalah, koran, film, serta cd musik.

Perpustakaan Pusat UNPAD

Perpustakaan Pusat UNPAD merupakan perpustakaan milih salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Padjadjaran (UNPAD). Perpustakaan ini memiliki fasilitas lengkap yang dapat menunjang kegiatan belajar dan membaca Sivitas. Perpustakaan Pusat UNPAD sangat tepat bagi Sivitas yang sedang mencari referensi untuk penelitian, skripsi, bahkan tesis. Sivitas dapat mendatangi Perpustakaan pusat Unpad di dalam kawasan Universitas Padjadjaran tepatnya di Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Penulis: Izzudin Hamid

Edito: Aykaputri Amalia

Related Post