Serba-Serbi Budaya Halloween dari Seluruh Dunia

Serba-Serbi Budaya Halloween dari Seluruh Dunia post thumbnail image

Halloween adalah perayaan dimana setiap orang akan memakai kostum atau aksesoris yang menyeramkan, seperti kostum hantu atau karakter-karakter film horor. Halloween ini biasanya dirayakan setiap tanggal 31 Oktober. Meskipun di Indonesia perayaan Halloween tidak terlalu meriah, tapi perayaan halloween selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu di negara lain. Lalu, seperti apa sih budaya Halloween dari berbagai negara di seluruh dunia?

Trick or Treat (Amerika Serikat)

Tradisi ini populer di Amerika Serikat hingga akhirnya menyebar dan diadaptasi oleh negara dari berbagai belahan dunia lainnya. Saat Halloween tiba, masyarakat akan mulai menghias rumah mereka dan berbagai penjuru kota dengan dekorasi yang identik dengan Halloween. Lalu, anak-anak akan mengenakan kostum-kostum hantu atau kostum karakter dan berkeliling dari rumah ke rumah sambil membawa keranjang berbentuk labu untuk melakukan trick or treat. Ketika tuan rumah memilih untuk treat, maka ia harus memberikan permen, jika tidak mereka akan dikerjai oleh anak-anak berkostum tersebut atau trick.

Day of Dracula (Rumania)

Legenda drakula merupakan legenda yang paling terkenal dari Rumania. Oleh karena itu, budaya Halloween di Rumania bernama Day of Dracula. Tradisi ini cukup unik dan menarik. Biasanya, orang-orang dari berbagai belahan dunia akan datang ke Rumania pada perayaan Halloween di Bran Castle yang dianggap sebagai kastil Vlad dan Dracula. Kastil ini dipercaya pernah didatangi oleh Vlad dan menjadi latar tempat dalam novel Dracula.

Kawasaki Halloween Parade (Jepang)

Parade ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1996 di kawasan Kawasaki, Jepang. Saat mengikuti parade ini, masyarakat Jepang yang tertarik melakukan cosplay atau berdandan dengan tampilan khas Halloween akan memakai kostum seram, lalu berjalan mengelilingi kota. 

Hiding Knives (Jerman)

Tradisi Hiding knives atau tradisi menyembunyikan pisau merupakan budaya Halloween yang populer di Negara Jerman. Selain mendekorasi rumah mereka dan sudut-sudut kota lainnya dengan dekorasi khas Halloween, masyarakat Jerman biasanya menyembunyikan semua pisau yang mereka miliki. Hal ini karena mereka percaya bahwa roh-roh jahat tidak bisa menyakiti mereka jika pisau disembunyikan.

Day of the Dead (Meksiko)

Tradisi “Day of the Dead” yang berasal dari Meksiko ini adalah tradisi unik saat Halloween dan bertujuan untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal. Perayaan Day of the Dead ini biasanya diselenggarakan selama 3 hari dan dimulai pada tangga 31 Oktober. Setiap daerah di Meksiko tentunya memiliki ciri khas masing-masing untuk merayakannya. Misalnya seperti di Janitzio yang selalu dimeriahkan dengan tarian budaya dan para nelayan yang mendayung sambil membawa obor juga berkunjung ke makam keluarga di malam hari. Satu hal yang menjadi khas dari acara Day of the Dead ini adalah atribut tengkorak yang ikonik.

Itulah budaya Halloween unik yang berasal dari berbagai belahan dunia. Happy Halloween, Sivitas! Trick or Treat!

Penulis: Aykaputri Amalia Rahmani

Editor: Izzuddin Hamid

Related Post