Radio Unpad Entertainment,News Bobotoh Harus Tau! Kemeriahan Hari Jadi Persib Bandung

Bobotoh Harus Tau! Kemeriahan Hari Jadi Persib Bandung

Bobotoh Harus Tau! Kemeriahan Hari Jadi Persib Bandung post thumbnail image

Belum lama, tepatnya pada tanggal 17 Desember 2023, Persib Bandung resmi mengganti hari jadinya. Pernyataan yang menuai perbincangan di kalangan penikmat sepak bola ini dikemukakan oleh pihak manajemen PT Persib Bandung Bermartabat di Graha Persib, Kota Bandung. Acara tersebut turut menghadirkan awak media untuk ikut mewartakan pernyataan monumental ini.

14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, memang sudah sering diperdebatkan. Pasalnya, Persib─bersama Persija Jakarta, Persis Solo, Persebaya Surabaya, PSM Madiun, PSIM Yogyakarta, dan PPSM Magelang─tercatat sebagai salah satu klub sepak bola yang terlibat dalam pembentukan PSSI pada tahun 1930. Dengan kata lain, selama ini diyakini bahwa Persib baru eksis setelah PSSI berdiri selama tiga tahun. Tidak hadirnya sinkronisasi pada fakta sejarah inilah yang melandasi peninjauan ulang hari jadi Persib.

Tidak dapat dipungkiri bahwa merubah hari jadi sebuah klub sepak bola terbesar di Indonesia adalah perkara yang sensitif. Untuk menghadirkan data yang valid, Persib perlu bekerja sama dengan pakar yang memiliki kredibilitas.  Maka dalam hal ini Persib Bandung bekerja sama dengan tim peneliti dari Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran yang diketuai oleh Prof. Kunto Sofianto, PhD.

Hasil dari penelitian yang mendalam mengerucut pada kesimpulan bahwa Persib telah berdiri sejak tanggal 5 Januari 1919. Hal ini didasarkan pada temuan arsip koran lama “Kaoem Moeda” yang menjadi rujukan. Pada terbitan edisi tanggal 7 Januari 1919, disampaikan warta bahwa telah terjadi pembentukan Bandoeng Indlandsche Voetbal Bond (BIVB) di Kota Bandung sebagai perserikatan sepak bola pribumi yang kelak akan dikenal dengan nama dalam bahasa Indonesia; Persib.

Setelah diresmikan, manajemen Maung Bandung sigap menggelar perayaan hari jadi ke-105. Di hari bahagianya, Persib menggelar hajatan yang bertajuk #WeArePERSIB. Kemeriahan acara yang berlangsung di Gor C-Tra Arena disambut dengan positif dan penuh antusias Bobotoh. Di samping itu, milad Persib pun turut dimeriahkan oleh ekshibisi foto dan jersey Pangeran Biru dari masa ke masa. Pameran pernak pernik bersejarah ini dilangsungkan secara terpisah dan berlokasi di Atrium Mall Paskal 23 Bandung.

Saat ini Persib masih harus tertahan di posisi ke-3 klasemen sementara BRI Liga 1. Persib masih membayang-bayangi runner-up sementara, Bali United, dengan selisih tipis satu poin setelah keduanya bermain imbang dengan skor kacamata. sementara Borneo FC melesat jauh di puncak klasemen. Persib perlu bermain lebih konsisten demi menjaga asa untuk mempertahankan posisi empat besar untuk melaju ke putaran selanjutnya.

Penulis: Rafi Zaidan

Editor: Izzuddin Hamid

Related Post

Mini Workshop Bersama SehatMental.id “Using Emotional Intellegence to build A healthy relationship”Mini Workshop Bersama SehatMental.id “Using Emotional Intellegence to build A healthy relationship”

Acara Mini Workshop dari SehatMental.id ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk mengajak orang-orang agar lebih memperhatikan kesehatan mentalnya. SehatMental.id sendiri merupakan komunitas yang bergerak untuk meningkatkan kesehatan mental